Enam Hal Yang Harus Dilakukan Kemasan Produk Anda!
Setelah produk itu sendiri, hal terpenting bagi perusahaan Anda adalah sering menemukan kemasan yang sempurna untuk produk Anda. Dari konsep hingga penyelesaian, memutuskan kemasan yang sempurna untuk produk Anda dapat menjadi tantangan tanpa bantuan dari jasa desainer kemasan produk yang tepat. Berikut adalah enam tujuan yang harus dilakukan oleh kemasan produk Anda karena kemasan produk Anda harus memenuhi banyak fungsi penting untuk produk Anda.
1. Berisi: Kemasan produk Anda harus memuat produk Anda dengan benar dan aman. Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi ingatlah bahwa kemasan akan berbeda berdasarkan bentuk, ukuran, dan konsistensi produk Anda. Bagaimana produk Anda dikandung akan berbeda jika produk Anda berupa cairan dalam jumlah kecil, sejumlah besar logam, ukuran atau bentuk yang tidak beraturan, atau item yang terdiri dari banyak bagian berbeda yang memerlukan kemasannya sendiri agar tetap aman dan stabil.
2. Lindungi: Kemasan produk Anda juga harus melindungi produk Anda dengan benar selama semua fase penanganan produk. Dari pengiriman, pemrosesan, penyimpanan stok dan rak, dan akhirnya ke rumah konsumen, kemasan Anda harus melindungi produk dari segala hal mulai dari kerusakan selama pengiriman hingga diterima pelanggan anda. Sejak meninggalkan fasilitas Anda hingga sampai di rumah konsumen, kemasan produk Anda harus dengan aman dan selamat menanggung setiap dan semua skenario penanganan dan pengiriman yang berpotensi merusak yang dihadapinya.
3. Pertahankan: Jika produk Anda dapat rusak, menua, atau memburuk dengan cara apa pun, kemasan Anda harus mengawetkan produk Anda. Dari ventilasi yang tepat hingga bahan kemasan yang dirancang untuk melindungi dan melestarikan, sangat penting untuk membuat kemasan seaman dan ramah produk serta berkelanjutan mungkin.
4. Transportasi: Tidak peduli apa produk Anda atau di mana dibuat, entah bagaimana harus sampai dari Anda ke konsumen. Kemasan Anda harus memungkinkan transportasi produk yang mudah, aman dan efektif dari produksi ke konsumen melalui sejumlah moda transportasi. Baik itu di seberang kota, di seluruh wilayah atau di seberang lautan, produk Anda dan kemasan yang melindunginya harus memenuhi tantangan perjalanan ke depan.
5. Menginformasikan: Kemasan yang efektif akan dengan cepat menginformasikan konsumen tentang produk. Apa produk itu, apa yang disertakan dengan pembelian produk, apa yang dibutuhkan, biaya, bahan, bahaya, jaminan dan/atau informasi penting lainnya, konsumen harus dapat menemukan informasi penting yang mereka rasa perlu secara cepat dan nyaman.
6. Jual: Salah satu tugas utama pengemasan adalah menarik perhatian konsumen dan meyakinkan mereka bahwa produk Anda adalah yang terbaik. Studi telah menunjukkan bahwa jika kemasan Anda lebih unik dan keren bagi konsumen daripada kemasan pesaing Anda, konsumen jauh lebih mungkin untuk membeli produk Anda. Di sisi lain kebalikannya juga benar; jika kemasan pesaing Anda jauh lebih menarik bagi konsumen daripada milik Anda, bahkan jika Anda memiliki produk unggulan, konsumen cenderung membeli produk pesaing Anda karena kemasannya yang unggul. Kemasan Anda harus menjual produk Anda untuk Anda dan memotivasi calon konsumen untuk berusaha dan membeli produk Anda dan bukan yang produk di sebelahnya. Ketika Anda tidak ada untuk memberi tahu orang-orang betapa hebatnya produk Anda, disitulah fungsi kemasan Anda untuk meyakinkan calon pelanggan anda.