Bagi Anda pelaku bisnis makanan, sudah tahukah Anda kalau kemasan seperti inner box sama pentingnya dengan makanan yang Anda produksi dan/atau jual? Bahkan, kemasan sendiri sudah dibuktikan oleh studi mampu memengaruhi keputusan orang-orang sebelum membeli.

Oleh karena itu, tak heran jika kemasan seperti inner box selalu jadi salah satu aspek penting yang direncanakan dan dieksekusi dengan cermat. Bahkan, sudah jadi hal yang wajar bagi bisnis untuk melakukan tes dan trial inner box berulang kali sampai akhirnya menemukan inner box yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan serta tujuan brand.

Bagi Anda yang benar-benar ingin membuat desain inner box yang bisa memberikan dampak luar biasa bagi bisnis, simak 5 tips mendesain inner box dan kemasan makanan secara umum berikut ini, yuk! Selamat membaca!

Gunakan Inner Box untuk Mempromosikan Brand Anda

Bicara soal desain kemasan dan inner box, aturan utama yang harus diterapkan adalah memilih desain yang konsisten dengan brand. Pikirkan seperti apa image yang ingin Anda bentuk serta nilai yang ingin Anda tunjukkan ketika orang-orang melihat brand Anda – apakah organik? Atau unik? Ramah lingkungan? Jadi, Anda bisa membuat benang merah antara brand dengan desain inner box.

Perhatikan Material Inner Box

Dalam hal desain – termasuk desain inner box – wajar jika fokus utama Anda adalah penampilan. Akan tetapi, sebenarnya apa material yang Anda pakai juga sama pentingnya, lho! Apalagi, memang ada banyak pilihan material yang biasa digunakan untuk kemasan produk di industri makanan, seperti kertas, plastik, kaca, dan alumunium. Pilihlah material yang tepat untuk produk dan brand Anda, plus karakteristik material itu sendiri.

Jujur dan Apa Adanya

Maksud dari poin ini bukanlah desain inner box yang polosan tanpa ada apapun. Justru yang dimaksud dengan jujur dan apa adanya di sini adalah desain inner box yang menggambarkan produk Anda sesuai dengan realita.

Jangan memanipulasi desain kemasan agar produk Anda terlihat bernilai lebih daripada yang seharusnya. Salah-salah, yang ada malah Anda mendapatkan keluhan dari para pembeli yang memprotes mengapa produk yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan yang Anda janjikan. Apalagi di era internet saat ini, di mana orang-orang bisa membagikan konten dengan mudah lewat media sosial. Anda tentu tidak ingin produk Anda jadi viral dan terkenal karena konten negatif, kan?

Desain yang Jelas dan Tepat Sasaran

Pada dasarnya, orang-orang tidak suka dengan informasi dan pesan yang berbelit-belit, dan hal yang sama juga dirasakan oleh para pembeli Anda. Poin ini pun perlu Anda perhatikan dalam membuat desain kemasan inner box. Oleh karenanya, pastikan bahwa Anda hanya mencantumkan informasi yang benar-benar relevan pada kemasan dan inner box untuk membantu pembeli membuat keputusan pembelian lebih cepat dan tepat.

Berikan Sneak Peek bagi Pembeli

Secara garis besar, manusia adalah makhluk taktil – kita senang melihat, mengendus, atau mencicipi makanan terlebih dahulu, apabila memungkinkan. Oleh karena itu, Anda bisa pertimbangkan desain inner box transparan agar para calon pembeli bisa melihat sekilas apa produk Anda tanpa harus membuka kemasannya. Misalnya desain tutup kemasan yang transparan seluruhnya atau sebagian saja. Cara ini sudah banyak diterapkan para pelaku bisnis makanan dan terbukti membuahkan hasil.

Butuh kemasan produk seperti inner box untuk bisnis Anda? Kalau iya, Rumah Kemasan siap jadi solusi untuk penuhi kebutuhan Anda! Di sini, Anda tak hanya bisa temukan beragam pilihan produk kemasan produk, tapi juga material yang ramah lingkungan sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda.