Kemasan UKM memang lebih diutamakan karena dapat meningkatkan minat beli para konsumen terhadap produk. Selain itu ada pula beberapa fungsi lainnya dari kemasan produk UKM yang perlu diketahui.
Kemasan UKM sebagai Pelindung Produk
Kemasan berfungsi sebagai pelindung produk, terutama produk makanan yang sensitif terhadap bakteri. Makanan yang dijual, baik itu oleh pelaku usaha individu maupun UKM harus higienis. Pastikan agar produk terlindung dari pengaruh luar maupun dalam. Perhatikan kemasan memiliki kelembaban yang tepat sehingga tidak mudah busuk.
Selain itu kemasan juga harus terlindung dari sinar ultraviolet, pengaruh oksigen dan penangan yang tidak tepat. Hal itu akan memberikan pengaruh terhadap kualitas produk yang dijual oleh pelaku UKM. Upaya dalam meningkatkan kualitas produk bisa dimulai dari penggunaan kemasan UKM yang tepat.
Kemasan UKM sebagai Daya Tarik Produk
Produk dengan kemasan yang tepat dapat menjadi daya tarik bagi konsumen. Hal itu tentu saja dapat meningkatkan minat beli. Oleh karena itu Anda harus menggunakan tenaga ahli dalam memadukan desain kemasan produk UKM. Keahlian membuat kemasan menarik itu dimulai dari desain, cetak, finishing dan proses pembuatan pada mesin pengemas.
Hal penting lainnya dalam menghasilkan kemasan UKM dengan daya tarik adalah pemilihan warna, bentuk, ukuran dan informasi singkat. Meskipun singkat, pastikan informasi tersebut mudah diingat oleh para konsumen sehingga memudahkan mereka ketika ingin membeli produk tersebut kembali.
Jangan lupa dengan tampilan gambar yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen sebanyak 75%. Jadi, pastikan untuk menggunakan gambar dengan tampilan tidak terlalu mencolok tapi cukup berkesan bagi konsumen. Alasannya karena kemasan produk terbukti berpengaruh terhadap daya tarik konsumen terhadap sebuah produk.
Kemasan UKM sebagai Identitas Produk
Kemasan UKM harus disertai dengan keterangan yang jelas dan mudah dibaca, terutama untuk jenis produk, nama produsen, berat produk, cara mengonsumsi dan nama produsen atau distributor. Seperti yang diketahui bahwa kemasan merupakan wadah guna melindungi sebuah produk agar terhindar dari kerusakan. Hal itu tentu memudahkan para distributor dalam menyalurkan produk ke berbagai tempat.
Kemasan dapat memberikan keterangan identitas produk yang lebih menonjol. Oleh karena itu kemasan harus didesain kreatif dan inovatif. Pastikan Anda menampilkan ciri unik sehingga konsumen mudah mengenali produk tersebut. Mintalah ahli dalam bidang kemasan UKM untuk hasil memuaskan.
Kemasan UKM sebagai Alat Promosi
Meskipun tidak secara langsung, kemasan cukup membantu dalam promosi produk UKM Anda. Singkatnya, kemasan produk dapat menjual dirinya sendiri jika didesain menarik serta keterangan yang jelas. Letakkan produk Anda pada etalase toko, maka tidak sedikit calon konsumen yang melirik. Jadi, desain menarik pada kemasan UKM sangat berpengaruh bagi jumlah penjualan produk Anda.
Perhatikan beberapa kesalahan yang kerap terjadi ketika mendesain kemasan produk. Salah satunya adalah penggunaan garis tepi yang justru malah membuat kemasan menjadi tidak rapi. Lalu, hindari penggunaan gambar ilegal agar terhindar dari masalah lain kedepannya. Pastikan Anda mengambil gambar sendiri untuk kemasan UKM yang menarik.
Pastikan pula pengambilan gambar menggunakan kamera yang bagus agar hasil fotonya memiliki resolusi tinggi. Tujuan kemasan produk adalah untuk menarik konsumen, sehingga Anda perlu memberanikan diri untuk menggunakan warna yang cerah seperti merah dan lainnya. Pemakaian warna yang lembut akan terasa sedikit kurang menarik untuk kemasan produk.
Sekian penjelasan mengenai fungsi kemasan UKM yang dapat meningkatkan minat konsumen. Semoga bermanfaat serta dapat membantu perkembangan usaha Anda.