Pentingnya Kemasan Makanan
Tidak perlu dikatakan bahwa makanan memainkan peran yang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia, dan dengan berkembangnya bahan material kita dengan baik, orang memiliki kebutuhan yang lebih tinggi akan persediaan makanan. Namun, berapa banyak orang yang menyadari pentingnya kemasan makanan? Secara umum, kemasan makanan memiliki tiga keunggulan: perlindungan, promosi, dan transportasi. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda apa manfaat ini berlaku dan bagaimana kami mendapat manfaat dari kemasan makanan.
Mencegah makanan dari pembusukan
Keamanan pangan adalah prioritas utama dan hanya mereka yang berada dalam periode kualitas yang tidak membahayakan kesehatan kita. Oleh karena itu, kami menerapkan bahan dan teknologi pengemasan makanan untuk mencegah makanan dari variasi biologis, fisik, atau kimia, dari pembuatannya hingga penjualannya ke konsumen. Ambil “Tetra Pak” sebagai contoh. Ini diperhitungkan untuk pangsa pasar yang tinggi dari kemasan minuman berkat teknologi tinggi yang menggunakan kertas, aluminium, dan plastik sebagai penghalang udara dan cahaya. Ini dapat sangat memperpanjang periode jaminan makanan. Kemasan yang baik dan tepat tentunya akan membuat makanan tetap segar dan enak untuk dinikmati.
Memudahkan transportasi
Kita dapat menemukan jenis bentuk kemasan makanan seperti botol, tas, kaleng, kotak, dll. Mengapa kita membuat wadah yang berbeda? Hal itu karena sangat meringankan kesulitan transportasi, dan mencegah makanan bersentuhan langsung dengan udara, air, atau polusi. Biasanya, orang menggunakan botol untuk barang cair dan tas untuk makanan curah.
Mempromosikan produk
Selain menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan bentuk kemasan yang sesuai, desain kemasan makanan juga penting. Ini dapat membantu mempromosikan produk Anda dan meningkatkan kinerja penjualan Anda. Elemen desainnya terutama meliputi warna, susunan kata, dan pola. Desain yang sukses memanfaatkan sepenuhnya elemen-elemen ini sesuai dengan kinerja, fitur, dan bentuk produk, sehingga menarik konsumen untuk membeli. Berikut adalah dua kasus untuk dibagikan.
Dalam hal warna, kami menganggap bahwa merah berarti gairah dan cinta, sedangkan emas berarti kesetiaan dan kemewahan. Ada dua kotak cokelat yang sama dalam desain kemasan yang hampir sama kecuali pita: satu diikat dengan pita emas, sementara yang lain dihiasi dengan bunga pita merah. Hasil penjualan online keluar bahwa item kedua lebih diterima dan memenangkan penjualan yang lebih baik selama periode Valentine. Penjual mengetahui dengan baik cara berpikir konvensional masyarakat terhadap warna dan berhasil mempromosikan produk musiman.
Berkenaan dengan kata-kata, itu juga memiliki pengaruh penting pada desain kemasan makanan. Selain informasi produk dasar dan yang dibutuhkan, perusahaan dapat mencetak kata-kata khas seperti slogan untuk pembelian insentif. Misalnya, sekantong makanan dengan kemasan luarnya dicetak tebal “kapasitas meningkat dengan harga yang sama” akan terjual cukup baik. Jangan abaikan keajaiban kata-kata ini; itu dapat menangkap reaksi psikologis halus orang terhadap diskon.
Dari kasus-kasus di atas kita dapat menemukan bahwa desain kemasan makanan yang baik dan bagus dapat menjadi metode periklanan yang efisien dengan biaya yang lebih rendah.
Pentingnya kemasan makanan jelas dan menguntungkan produsen dan pelanggan. Namun, kami tidak pernah setuju pada kemasan yang berlebihan. Over package adalah semacam pemborosan sumber daya dan tidak ramah terhadap lingkungan kita.