Percaya atau tidak, kemasan product ternyata bisa meningkatkan penjualan. Strategi dalam meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan melakukan packaging yang baik. Tentunya hal ini menarik karena kita bisa mengetahui bahwa selain dengan melakukan beragam promo menarik soal produk, kemasan itu sendiri juga cukup berpengaruh dalam proses penjualan nantinya.
Alasan Kemasan Product itu Penting
Dengan menggunakan kemasan yang menarik, orang akan memiliki persepsi yang bagus terhadap produk yang kita jual. Dalam beberapa kasus, seorang konsumen akan melakukan pembelian terhadap produk jika memiliki kemasan yang sudah siap untuk diteruskan kembali sebagai kado atau hadiah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kemasan product menjadi begitu penting:
- Menjaga Keutuhan Produk Utama
Alasan yang pertama sudah sangat jelas yaitu untuk melindungi produk. Kita bisa mengambil contoh dengan adanya kemasan produk makanan yang baik, maka kita bisa mendistribusikannya dengan aman. Produk makanan yang dipasarkan juga bisa dengan mudah dibeli konsumen dalam keadaan utuh.
- Menambah Daya Tarik
Dengan menggunakan kemasan product yang menarik, ada daya tarik yang bisa semakin menarik konsumen. Kita bisa lihat contoh pada makanan ringan. Bayangkan jika kemasan tersebut tidak menunjukkan isi tampilan dari makanan tersebut. Orang tentu saja akan cenderung malas membelinya karena tidak menarik sama sekali.
- Mempromosikan Brand
Dengan adanya kemasan yang unik, kadang ini juga bisa menjadi cara untuk promosi tersendiri. Kemasan yang bagus biasanya mudah untuk dilihat dengan jelas. Ini akan menjadi media promosi cuma-cuma, terutama saat pembeli menggunakan langsung produk itu di keramaian. Orang akan dengan mudah mengenali produk kita.
- Menjadi Ciri Pembeda
Yang terakhir, fungsi kemasan produk juga bisa menjadi ciri pembeda dari produk lainnya. Kekhasan dari produk milik kita bisa dibedakan dengan menggunakan kemasan yang unik dan berbeda. Ini juga bisa menciptakan efek branding yang menarik.
Cara Meningkatkan Penjualan dengan Kemasan Product
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan penggunaan kemasan product ini dalam meningkatkan penjualan. Cara tersebut antara lain:
- Menentukan Target Market
Tentukan terlebih dahulu target market yang akan kita sasar sebagai pengguna produk. Apakah itu remaja, anak-anak atau orang dewasa. Masing-masing berbeda dan bisa menggunakan jenis kemasan yang berbeda pula.
- Menggunakan Ciri Khas yang Unik
Gunakan ciri khas unik pada kemasan yang ada. Misalnya dengan menggunakan bentuk kemasan yang tidak biasa. Atau Anda juga bisa memanfaatkan beberapa macam aksesori pada kemasan sebagai pemanis.
- Kemasan yang Ergonomis
Perhatikan sisi ergonomis dari kemasan yang ada. Ergonomis ini artinya kemasan mudah untuk ditata dan juga dibawa. Desain yang menarik akan percuma jika tidak cukup ergonomis.
- Ukuran yang Pas
Sesuaikan juga ukuran dari kemasan dengan produk yang akan dikemas. Jangan sampai kemasan justru memiliki ukuran lebih besar atau lebih kecil. Ini akan membuat produksi tidak berjalan dengan baik. Selain itu, ada kesan yang membuat konsumen kecewa saat kemasan lebih besar daripada isi produk.
- Sesekali Memakai Kemasan Edisi Khusus
Buat juga penawaran menarik dengan menggunakan kemasan spesial. Contohnya, Anda bisa memberikan kemasan istimewa pada momen tertentu dimana kemasan tersebut juga bisa dikoleksi.
Itulah beberapa alasan mengenai pentingnya kemasan dari sebuah produk. Kita juga bisa meningkatkan produksi dengan memperhatikan kemasan product yang benar-benar sesuai.